‘Surga Bawah Laut’ di Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung

source: yukpiknik.com
Pulau Pahawang merupakan salah satu daya tarik wisata Lampung di Kabupaten Pesawaran yang begitu memesona. Tersaji keindahan bawah laut, asyiknya berenang di laut yang jernih. Pengalaman menjelajah kawasan pulau ini semakin lengkap jika Anda menginap.

Tidak berlebihan rasanya jika pesona pemandangan alam bawah laut di kawasan Pulau Pahawang ini disebut sebagai surga bawah laut. Pulau Pahawang menjadi salah satu pesona alam yang dimiliki oleh daerah Pesawaran. Keberadaanya yang berada di jarak terjauh pulau-pulau wisata di Teluk Ratai menjadikan Pulau Pahawang sebagai destinasi terakhir dan tempat menginal untuk mengeksplorasi keindahan Pulau Kelagian, Pahawang, dan Pahawang Kecil.

Perpaduan terumbu karang dan indahnya pasir putih terhampar menjadi pemandangan yang menyegarkan mata merupakan daya tarik yang memikat. Nyatanya memang tempat wisata ini ramai dikunjungi pada hari-hari libur sekolah maupun menjelang akhir tahun. Akibatnya tarif sewa perahu dan peralatan snorkeling pun naik sekian persen pada momen tersebut.

Secara Geografis Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pahawang juga merupakan nama desa yang ada di pulau tersebut. Ada sekitar 400 kk yang menghuni pulau seluas 1.084 Ha ini. Untuk ke Pulau ini, wisatawan harus menyeberang dari Dermaga 4 Ketapang yang lokasinya sekitar 50,6 Km dari Bandara Raden Intan Bandar Lampung, atau sekitar 93 menit.

Sedangkan dari Bakauheni, dermaga ini berjarak 108 Km. dari Dermaga Ketapang, wisatawan masih harus menyeberang ke Pulau Pahawang dan biasanya memakan waktu 40 menit. Waktu penyeberangan ini bisa semakin lama jika Anda dan rombongan memutuskan mampir dulu ke Pulau Kelagian. Memang biasanya para wisatawan tak mau melewatkan kesempatan sehingga wisata ke Pulau Pahawang biasa dijadikan satu perjalanan ke Pulau Kelagian, lalu Pulau Pahawang kemudian menyeberang ke Pahawang Kecil yang tak jauh dari Pahawang besar.

Pesona Pulau Pahawang

Deretan 3 pulau di Teluk Ratai ini sering dikunjungi secara bersamaan sebagai suatu paket. Pulau Kelagian, lalu Pulau Pahawang Besar kemudian berlanjut ke Pahawang Kecil. Air lautnya begitu jernih sehingga tanpa menyelam pun Anda bisa menikmati pemandangan terumbu karang dengan ikan warna warni yang berkeliran di bawah perahu sewaan Anda.
Hamparan pasir pantainya begitu putih dan bersih membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Keindahan di pantainya juga tak dilewatkan para wisatawan untuk berfoto di berbagai spot menarik. Jika Anda menginap di Pulau Pahawang maka Anda akan berkesempatan untuk menikmati pemandangan sunset yang indah.

Air yang sebening kaca, ombak yang tenang dan bersahabat, ikan warna warni di sela terumbu karang, sungguh pemandangan yang akan menghilangkan penat dan stress. Berwisata di Pulau Pahawang akan menjadi momen spesial bagi Anda dan keluarga ataupun orang terkasih.

Fasilitas di Pulau Pahawang


Tempat wisata ini telah memiliki beragam fasilitas yang memadai dan nyaman untuk wisatawan. Mulai sejak dari Dermaga 4 Ketapang, wisatawan bisa memanfaatkan persewaan alat snorkeling. Pengunjung bisa memanfaatkan jasa perahu untuk menyeberang ke Pulau Kelagian, lalu ke Pulau Pahawang.
Untuk urusan menginap, di Pulau Pahawang telah tersedia penginapan. Ada sekitar 15 Homestay dan 10 cottage yang siap melayani para wisatawan. Untuk fasilitas ibadah, ada dua masjid besar di Pulau ini. Yaitu Masjid Agung Pahawang di Jalan Kelagian Lunik, dan Masjid Raya Pahawang di dekat Dermaga Pulau Pahawang ke Pulau Pahawang Kecil.
Di beberapa tempat pantai Pulau Pahawang juga tersedia spot-spot khusus yang biasa dipakai berfoto. Ada pondokan untuk bersantai dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Menikmati Keindahan Alam


Jika Anda berwisata ke Pulau Pahawang maka beragam keindahan alam akan tersaji sempurna. Sambil menempuh perjalanan ke pulau, sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati segarnya angin laut. Begitu mendekati pantai Pulau Pahawang, dari atas beningnya air laut Anda bisa menyaksikan pemandangan dunia bawah laut yang tak akan terlupakan.
Kalau Anda tak bisa menyelam, maka bisa menggunakan pelampung untuk merasakan sensasi berenang dan bersentuhan dengan terumbu karang. Pasir putih di sepanjang pantai juga lembut dan nyaman untuk jalan-jalan. Keindahan sunset dapat Anda nikmati jika Anda memilih untuk menginap di Pulau Pahawang.

Hunting Foto dan Snorkeling


Kegiatan paling utama dari wisata di Pulau Pahawang adalah menyelam atau snorkeling. Di kedalaman 2-3 meter keindahan alam bawah laut tersaji sempurna. Saat itulah wisatawan mulai beraksi dengan beragam gaya untuk mengabadikan momen spesial tersebut. Dengan membawa kamera ataupun drone mereka mengambil foto lebih leluasa.
Camping
Selain menginap di penginapan jenis homestay ataupun cottage, Anda juga masih bisa lebih berhemat dengan membawa peralatan camping. Menginap di alam bebas akan menjadi pengalaman tersendiri saat di pulau cantik ini.

Harga Tiket dan Biaya Sewa Perlengkapan

Tak ada tarif khusus untuk wisatawan yang masuk kawasan Pulau Pahawang. Namun tetap ada beberapa biaya lain yang harus Anda penuhi. Berikut ini detailnya:
Harga sewa kapal penyeberangan adalah Rp300-500 ribuan/hari untuk berangkat dan pulang. Jika Anda memutuskan menginap tentunya harganya beda.
Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, biaya penitipan kendaraan di dermaga Ketapang adalah Rp15.000,-/hari untuk mobil, dan mulai Rp10.000/hari untuk motor.
Untuk sewa peralatan selam/snorkeling meliputi pelampung, alat snorkeling, dan sepatu katak biayanya mulai Rp40.000/hari.
Meskipun tidak ada biaya/tiket masuk namun Anda akan dikenakan pungutan kebersihan saat di tengah laut sebesar Rp20.000/perahu, dan ditambah pungutan kebersihan pantai sebesar Rp20.000/perahu saat rombongan Anda mendarat.
Untuk bersantai di pondokan ketika di pantai Anda perlu membayar sewa sebesar Rp30.000.

Tips Berwisata di Pulau Pahawang

-Siapkan bekal makanan dan minuman secukupnya. Di Pulau Pahawang tak ada warung nasi kecuali jika Anda membeli langsung pada penduduk atau menginap di penginapan. Kalaupun ada warung hanya tersedia mi rebus dan minuman ringan.
-Jika ingin lebih hemat, bawalah perlengkapan selam sendiri agar tidak perlu menyewa.
-Jika ingin camping di pantai Pulau Pahawang, bawalah perlengkapan selengkapnya dan bahan makanan.
-Jangan lupa bawa alat dokumentasi Anda untuk mengabadikan saat-saat indah di Pulau Pahawang.
-Tetap jaga kebersihan dan kelestarian terumbu karang. Jangan sampai merusaknya.

Diatas adalah contoh artikel wisata dari Admin Kontenmu.
Disqus Comments

Popular Post

TESTIMONI

Yang jelas pengerjaan sesuai antrian tepat waktu, tulisan sangat berkualitas, tidak bertele tele, sangat informatif, gaya bahas keren...dan paling utama artikel ini sesuai dengan request... Saya suka mas, cocok,.

TESTIMONI

Artikelnya bagus dan sangat memuaskan ditambah harga juga paling murah...

TESTIMONI

Makasih Mas Nasrudin pesanan artikelnya cepat pengerjaannya, dan ada bonusnya lagi..dapat harga hemat...

Kini Giliran Anda!

Mintalah FREE TESTER, rasakan "renyahnya", nikmati layanannya, jadilah pelanggan kami berikutnya.

Copyright © 2017 KONTENMU: Jasa Penulis Artikel SEO dan Update Blog Profesional